Inilah 4 Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn

Halo teman, kali ini kami akan memberikan kalian pengetahuan tentang iklim, yakni klasifikasi iklim menurut Junghuhn. Seperti yang kita ketahui dalam pelajaran IPS, kita akan mempelajari iklim, namun kali ini kami membahas klasifikasi iklim menurut Franz Wilhem Junghuhn, ilmuan asal Jerman.

Iklim adalah suatu keadaan umum atau kondisi cuaca yang meliputi daerah tertentu secara luas. Iklim juga merupakan kelanjutan dari hasil pencatatan keadaan atau cuaca dari hari ke hari dalam waktu yang lama, biasanya dalam waktu 26 tahun.

Setiap wilayah pada permukaan bumi berbeda karakter dengan wilayah lainnya. Misalnya, iklim ditentukan pada lokasi atau wilayah berdasarkan garis lintang, fisiografi, lingkungan, atau kondisi atmosfernya berbeda memunculkan tipe iklim berlainan antar daerah pada permukaan bumi.

Beberapa ahli menggolongkan iklim berdasarkan kriteria tertentu. Franz Wilhem Junghuhn seorang berkebangsaan Jerman mengklasifikasikan iklim di Indonesia berdasarkan ketinggian dan jenis vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut

Inilah 4 Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn


Inilah 4 Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn

Klasifikasi iklim menurut Junghuhn adalah sebagai berikut:

  1. Daerah panas/tropis. Ketinggian tempat antara 0 – 600 m dari permukaan laut. Suhu 26,3° – 22°C. Tanamannya seperti padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa, dan cokelat.
  2. Daerah sedang. Ketinggian tempat 600 – 1500 m dari permukaan laut. Suhu 22° -17,1°C. Tanamannya seperti padi, tembakau, teh, kopi, cokelat, kina, dan sayur-sayuran.
  3. Daerah sejuk. Ketinggian tempat 1500 – 2500 m dari permukaan laut. Suhu 17,1° – 11,1°C. Tanamannya seperti teh, kopi, kina, dan sayur-sayuran.
  4. Daerah dingin. Ketinggian tempat lebih dari 2500 m dari permukaan laut. Suhu 11,1° – 6,2°C. Tanamannya tidak ada tanaman budidaya kecuali sejenis lumut.


Demikian artikel tentang penjelasan klasifikasi iklim menurut Junghuhn. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Konjungsi dan Jenis-jenis Konjungsi Pada Teks Eksposisi

Pengertian Lafal, Intonasi, Tekanan, Jeda dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan