Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Halo teman-teman. Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang teks deskripsi, berikut contoh teks deskripsi tentang hewan. Semoga dengan artikel ini kalian bisa mendapatkan materi untuk membantu mengerjakan tugas di sekolah.

Apa itu teks deskripsi? Teks deskripsi adalah teks yang berisi paragraf yang jelas. Paragraf tersebut berisi gambaran atas hal yang disampaikan kepada pembaca.

Tujuan teks deskripsi adalah menyampaikan hasil pengamatan kepada pembaca. Disini kami akan memberikan contoh teks deskripsi. Jika biasanya banyak yang membuat tentang teks deskripsi hewan kucing, komodo, hewan peliharaan lainnya bahkan hewan langka. Namun, disini kami akan memberikan contoh teks deskripsi tentang gajah.

Contoh Teks Deskripsi Hewan Gajah


Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

  1. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) merupakan spesies dari kelas mamalia, yaitu binatang yang menyusui, mermpunyai ukuran yang besar, berat tubuhnya dapat mencapai 4-6 Ton.
  2. Gajah memiliki belalai panjang, yang merupakan modifikasi dari bibir bagian atas dan hidung, telinga nya besar dan melebar. Gajah jantan memiliki sepasang gading yang memanjang ke depan, sedangkan gajah betina pada umumnya tidak memiliki gading, jika memiliki kemungkinan ukurannya sangat pendek. Kulitnya tidak banyak ditumbuhi oleh rambut-rambut, hanya dibagian tertentu seperti di bagian atas kepala, kuduk dan ujung ekor. Warna kulitnya abu-abu sampai hitam.  
  3. Gajah hidup berkelompok yang dipimpin oleh gajah betina paling tua, jumlah kelompok 10-30 ekor.  Mereka hidup berpindah, migrasi dari tempat satu ke tempat lainnya untuk melakukan kegiatan mencari sumber pakan dan kawin. Gajah merupakan jenis mamalia besar yang mudah beradaptasi dengan kehidupan manusia sehingga dapat kita jumpai gajah sebagai pekerja di penebangan perkebunan.
  4. Gajah betina akan kawin pada umur 9 tahun atau lebih, lama kehamilannya (gestasi) 18-22 bulan dan akan melahirkan anak yang mempunayi berat 100 kg atau lebih. Jarak antara kelahiran anak gajah pada induk yang sama yakni sekitar 4 tahun.


Demikianlah contoh teks deskripsi hewan gajah. Semoga memberi pelajaran berharga kepada kalian semua yang membutuhkan pengetahuan tentang meteri pelajaran Bahasa Indonesia ini.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Konjungsi dan Jenis-jenis Konjungsi Pada Teks Eksposisi

Pengertian Lafal, Intonasi, Tekanan, Jeda dan Contohnya