Penjelasan Lengkap Tentang Teks Deskripsi

Halo teman, masih membahas tentang teks deskripsi. Pada kesempatan ini kami akan menyampaikan pengertian, struktur, ciri-ciri dan cara membuat teks deskripsi. Dengan mempelajari materi pelajaran teks deskripsi diharapkan kalian bisa menjadi penulis yang hebat di kemudian hari karena pelajaran Bahasa Indonesia sangat penting.

Kami yakin kalian semua sudah pernah membaca teks deskripsi, hanya saja karena belum mempelajarinya. Jadi, kalian tidak menyadari bahwa apa yang telah di baca adalah sebuah teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah suatu teks yang memberikan gambaran suatu objek atau peristiwa yang berdasarkan hasil dari proses pengamatan, perasaan dan pengalaman penulis.

Pada materi pelajaran ini kalian akan diminta untuk membuat teks deskripsi tentang objek tertentu seperti hewan. Kalian bisa membuat teks deskripsi hewan kucing, komodo, harimau, gajah dan hewan lainnya yang kalian ketahui.

Teks deskripsi di bagi menjadi dua kelompok, yaitu teks deskripsi imajinatif atau imprsionis dan teks deskripsi faktual atau ekspositioris.

  1. Teks Deskripsi imajinatif atau impresionis adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu peristiwa yang dilihat dari berbagai sudut pandang. Tujuannya agar pembaca merasakan dan melihat dengan jelas mengenai perasaan penulis.
  2. Sedangkan teks deskripsi factual atau ekspositioris adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek (bisa orang, benda atau peristiwa) yang dijelaskan secara apa adanya. Tujuannya agar pembaca dapat membayangkan keadaan seperti yang sebenarnya. Pada teks desripsi ini, penulis harus memberikan berbagai sudut pandang. Jika penulisannya dijelaskan secara detail. Maka, pembaca dapat membayangkan secara jelas isi dari teks yang disampaikan.

Penjelasan Lengkap Tentang Teks Deskripsi

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi dapat kita kenal karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Menggambarkan atau menjelaskan mengenai sesuatu.
  • Penjelasan dilakukan dengan detail atau sejelas-jelasnya.
  • Berusaha membuat pembaca atau pendengar merasakan seperti mengalami, melihat dan mendengar suatu peristiwa atau adegan yang digambarkan dalam teks.


Struktur Teks Deskripsi

Adapun struktur teks deskripsi adalah sebagai berikut:

  1. Bagian umum. Pernyataan, defenisi atau identitas objek yang disekripsikan.
  2. Bagian adalah bagian yang menjelaskan tentang objek diseskripsikan secara lengkap dan jelas.


Bagaimana membuat teks deskripsi?

Membuat teks deskripsi bisa dilakukan dengan mudah jika kalian membuatnya dengan menerapkan beberapa langkah cara membuat teks deskripsi berikut ini:

  1. Tentukan topik, tema atau objek yang akan dibahas.
  2. Tentukan tujuannya.
  3. Kumpulkan data-data tentang objek. Bisa dilakukan pengamatan langsung tema atau objek yang akan dibahas.
  4. Setelah data-data terkumpul, lakukan penyusunan data dan membuat kerangka karangan.
  5. Kembangkan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan tadi.


Semoga dengan artikel ini bisa membantu kalian membuat contoh teks deskripsi yang bagus yang sesuai dengan kaidah teks deskripsi.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Konjungsi dan Jenis-jenis Konjungsi Pada Teks Eksposisi

Pengertian Lafal, Intonasi, Tekanan, Jeda dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan