Perilaku Konsumen Dalam Mengonsumsi Suatu Barang serta Peran Konsumen dan Produsen

Halo teman, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang perilaku konsumen. Pada pelajaran sebelumnya mungkin kalian sudah mempelajari tentang perilaku konsumen. Namun, pada artikel ini kami hanya membahas tentang perilaku konsumen dalam mengonsumsi barang.

Jika dilihat perilaku konsumen dalam mengonsumsi suatu barang dibedakan menjadi dua macam, yaitu perilaku konsumen rasional dan perilaku konsumen tidak rasional.

a. Perilaku Konsumen Rasional

Suatu konsumsi dapat dikatakan rasional jika memerhatikan hal-hal berikut:
  1. Barang tersebut dapat memberikan kegunaan optimal bagi konsumen;
  2. Barang tersebut benar-benar diperlukan konsumen;
  3. Mutu barang terjamin;
  4. Harga sesuai dengan kemampuan konsumen.


b. Perilaku Konsumen tidak Rasional

Suatu perilaku dalam mengonsumsi dapat dikatakan tidak rasional jika konsumen tersebut membeli barang tanpa dipikirkan kegu naannya terlebih dahulu. Contohnya, yaitu:
  1. Tertarik dengan promosi atau iklan baik di media cetak maupun elektronik;
  2. Memiliki merek yang sudah dikenal banyak konsumen;
  3. Ada bursa obral atau bonus-bonus dan banjir diskon;
  4. Prestise atau gengsi.


Peran Konsumen dan Peran Produsen

Perilaku Konsumen Dalam Mengonsumsi Suatu Barang serta Peran Konsumen dan Produsen

Peran konsumen dan peran produsen dalam kegiatan ekonomi, yaitu sebagai berikut.

1. Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Rumah tangga konsumen merupakan pemilik berbagai faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal, dan keterampilan) yang dibutuhkan baik untuk RTP maupun pemerintah. Jadi, dalam hal ini RTK berperan sebagai penyedia faktor produksi.

Atas penggunaan berbagai faktor produksi oleh RTP ini, RTK akan memperoleh balas jasa. Bentuk balas jasa ini dapat berupa upah dan gaji untuk tenaga kerja, bunga, dan dividen untuk modal, serta uang sewa untuk tanah dan bangunan. Balas jasa tersebut digunakan RTK untuk membeli berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan. Dengan demikian, RTK berperan sebagai pengguna barang dan jasa yang dihasilkan produsen.

2. Rumah Tangga Perusahaan (RTP)
Rumah Tangga Perusahaan (RTP) merupakan sektor yang menggunakan faktor-faktor produksi untuk memproduksi barang yang terus dijual kepada rumah tangga konsumen maupun pemerintah. Dalam menghasilkan berbagai barang tersebut, RTP membeli faktor-faktor produksi dari RTK maupun pemerintah. Jadi, dalam hal kegiatan ekonomi, RTP berperan sebagai penghasil barang dan penyalur barang hingga sampai ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Konjungsi dan Jenis-jenis Konjungsi Pada Teks Eksposisi

Pengertian Lafal, Intonasi, Tekanan, Jeda dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan