Cara Menggunakan Kata Konjungsi Yang Baik dan benar

Kalimat konjungsi ini mungkin suda tidak asing lagi buat anak sekolahan, kata konjungsi ini sering ditemukan oleh anak-anak sekolah mulai dari yang tingkat sd,smp,sma maupun mahasiswa. Konjungsi adalah bahasa kata dari penghubung, contohnya pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut. Untuk memperkuat argumentasi , kata hubung atau konjungsi dapat dimanfaatkan.


Konjungsi memiliki berbagai macam kata, dan ini harus kita perhatikan agar kita tidak salah dalam mengartikannya. Diartikel ini akan saya cantumkan beberapa kalimat konjungsi yang benar:




a. Konjungsi Aditif

Konjungsi Aditif adalah kata kalimat gabungan yang terdapat pada dua kata yaita frasa dan klausa atau kalimat yang memiliki sifat kata sederajat atau setara. Ini adalah contoh termasuk dalam kategori konjungsi aditif: lagi pula, dan, serta. Contoh penggunaan dalam kalimat:
  • Buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.
  • Dia masih sedang sibuk, lagi pula waktunya masih lama.

b. Konjungsi Pertentangan

Konjungsi koordinatif  ini bertujuan untuk menyatukan dua kalimat yang setara dengan mempertentangkan posisi kedua kalimat tersebut. Biasanya, ada sifat yang bertolak belakang, atau satu bagian lebih penting daripada yang lainnya di antara kedua elemen yang dihubungkan. Yang termasuk ke dalam kata konjungsi ini di antaranya adalah: tetapi, sedangkan, akan tetapi, sebaliknya, namun. Contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Dia memang baik hati, tetapi pemalas.
  • Sejak kecil Antok senang bermain bola sepak, sedangkan Anthony bermain masak-masakan.
  • Kebun Tuan Henry memang subur sekali. Sebaliknya, kebun saya tandus seperti tanah yang tidak pernah diurus.

c. Konjunsi Disjungtif

Konjungsi pilihan adalah bentuk kata penghubung koordinatif yang menghubungkan klausa dua unsur yang sederajar yang memiliki fungsi menentukan salah satu dari dua hal atau lebih. Contoh kata penghubung disjungtif adalah : atau, ata…..atau, baik….baik….dan entah..entah, maupun.


d. Konjungsi Akibat

Kalimat kata konjungsi akibat adalah kata penghubung yang sedang terjadi atau suatu peristiwa hal yang lain. Kata yang sering digunakan konjunsi akibat yaitu: sehingga, akibatnya, sampai.

e. Konjungsi Final

Konjungsi final adalah kata penghubung yang bermaksud kata tujuan suatu peristiwa atau tindakan. Kata final yang sering digunakan yaitu: guna, untuk, supaya dan agar.


f. Konjungsi Waktu

Konjungsi waktu adalah kata penghubung yang menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Contohnya adalah : seperti, bilamana, sejak, smenetara, bila, sebelum, sedari.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Konjungsi dan Jenis-jenis Konjungsi Pada Teks Eksposisi

Pengertian Lafal, Intonasi, Tekanan, Jeda dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan